Labels

468x60 Ads

Sunday, June 12, 2011

filosofi naif dunia cyber

Dunia Cyber telah menjadi dunia yang sangat mengasyikkan dan unik. Infrastruktur dunia internet berperan mengenalkan manusia modern pada arti kehidupan dan pengenalan pada ketuhanan. Infrastruktur internet telah mengefisienkan proses transaksi ekonomi, perdagangan telah menginternasional dan sangat cepat. Nilai kepercayaan lebih penting daripada prosedurnya sendiri. Dengan jaringan internet, pasar dunia telah menjadi pasar tradisional yang berdesak-desak. Ekonomi tradisional yang mensyaratkan pertemuan antara penjual dan pembelinya telah menjadi sesuatu yang absurd dalam perdagangan internasional. Sekarang, pengelolaan bisnis dan pemerintahan menjadi lebih murah dan cepat dengan menambahkan huruf e di depannya. e commerce dan e government telah melejitkan efisiensi pengelolaan bisnis ini. Internet telah mempercepat perputaran dan sebaran pengetahuan sebuah syarat mutlak untuk menjadi sebuah negara maju.

Internet juga telah merubah gaya hidup seseorang, pergi pagi-pagi ke kantor untuk bekerja bukan lagi sesuatu yang 'harus'. Bekerja di rumah atau di cafe dengan bekal laptop bisa menghasilkan gaji lebih dahsyat daripada kehadiran fisik di kantor dan berpeluh-peluh naik transportasi umum yang tidak nyaman. Di dunia cyber dikenal dengan pekerjaan SOHO (Small Office Home Office) pekerjaanini menyebabkan seorang profesional IT dapat bekerja di rumah, tanpa memiliki perusahaan, tanpa bekerja di perusahaan apapun, juga tidak menjadi konsultan manapun, dan tanpa bekerja pada siapapun--benar-benar sendiri. Ada yang bilang ini semacam autis baru. Beberapa kunci dalam ber SOHO adalah :
  1. Fokus dan berdedikasi pada bidang yang kita minati, tanpa terseret menjadi seorang generalis
  2. Ikhlas dalam membagi pengetahuan dan informasi yang kita miliki
  3. Berteman dan bermitra dengan sebanyak mungkin orang.
Kini komunitas tidak lagi mensyaratkan pertemuan fisik, orang saling mengenali dari status atau profil di internet, dunia cyber semakin jauh mempengaruhi kehidupan manusia modern, semua menjadi semakin maya. borderless. Struktur masyarakat akan berubah dengan terjadinya percepatan perputaran ilmu pengetahuan bahkan menurut hukum Moore tidak sampai 3 bulan informasi akan menjadi berlipat dua. Setiap orang membutuhkan efisiensi lebih besar lagi. Lalu bagaimanakah nasib orang-orang yang tidak berinteraksi dengan internet? Barangkali kejadiannya akan sama seperti orang yang dulu bersikeras tidak bersentuhan dengan teknologi telepon dan lain sebagainya

0 komentar:

Post a Comment