Labels

468x60 Ads

Wednesday, June 15, 2011

BAGAIMANA UNTUK MENJADI HACKER???

Hacker adalah seseorang yang tertarik untuk mengetahui kerja suatu system, computer, atau jaringan computer. Sedang hacking adalah sikap dan kemampuan yang pada dasarnya harus dipelajari sendiri. Kita akan  menyadari bahwa meskipun para hacker sejati bersedia membantu, mereka tidak menghargai kita jika kita minta disuapi segala hal yang mereka ketahui, maka pelajari dulu sedikit hal. Tunjukkan bahwa kita telah berusaha, bahwa kita mampu belajar mandiri. Barulah ajukan pertanyaan-pertanyaan spesifik pada hacker yang kita jumpai.
Apa saja yang harus dipelajari untuk menjadi seorang hacker? Kita harus mengerti dan belajar 4 hal dalam dunia computer yang begitu luasnya, kita hanya perlu belajar tentang Networking (jaringan), Programming, Sistem Operasi, dan Internet. Sebenarnya itu aja gag usah banyak-banyak...otak kita gag muat…hehehe…Semua itu tidak harus kita kuasai dalam waktu cepat, basicnya yg penting. Ingat semua hal perlu proses!
Mengenai networking dapat dimulai dari pengetahuan dasar (konsep TCP/IP), komponen dasar jaringan, topologi jaringan, terlalu banyak artikel yang bisa kita dan buku-buku penunjang yang bertebaran di took buku atau tanya mbah google.
Mengenai programming yang paling penting adalah “logika” pemrograman, jadi lebih kearah pemanfaatan logika, ada baiknya belajar algoritma, pengenalan flowchart atau bagan alur untuk melatih logika (teoritis) serta prakteknya sangat disarankan belajar bahasa pemrograman yang masih menomersatukan logika/murni. Sebenarnya bahasa pemrograman apapun sama baiknya. Namun, untuk permulaan sebaiknya kita mulai dengan belajar bahasa C, perl, phyton, pascal, C++ dan disarankan memilih salah satu dari itu karena bahasa pemrograman tersebut lebih mengandalkan logika dan logika sangat diperlukan bagi seorang pemula.
Kemudian ketika logika pemrograman sudah dikuasai dapat dilanjutkan dengan visual programming seperti bahasa java, visual basic, Delphi dan visual programming lainnya. Bahasa pemrograman visual basic atau Delphi merupakan bahasa permulaan yg kurang bagus karena mereka tidak portable dan belum ada implementasi opensource dari bahasa ini, jadi kita akan terkurung di platform yang dipilih oleh vendor. Menerima situasi monopoli seperti itu bukanlah cara hacker.
Untuk bahasa pemrograman web harus dan wajib dipelajari karena internet adalah dunia kita nantinya. Kita sendiri tahu bahwa di internet sendiri terdiri dari situs dan web yang semuanya dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman web. Kita bias memulainya dengan belajar bahasa pemrograman HTML, Javascript, CSS, PHP, ASP, dan bahasa pemrograman web lainnya.
Kita bisa memulai belajar programming dengan mengumpulkan semua dokumentasi, manual, how to, FAQ, buku, dan contoh-contoh dari bahasa pemrograman yang akan dipelajari., cari dan install software yang dibutuhkan oleh bahasa tersebut (sesuai dokumentasi), mencoba memrogram walaupun program yang simple, dan tidak “diharamkan” untuk mengetik ulang contoh dengan harapan kita akan lebih mengerti dibandingkan kita hanya membaca saja, cari guru, teman atau komunitas yang bias diajak bekerjasama dalam mempelajari bahasa tersebut (gabung di milis, forum khusus bahasa tersebut), sisanya tergantung seberapa besar usaha kita. Jangan mudah menyerah apalagi putus asa.
Kita tidak membutuhkan matematika yang bagus untuk menjadi hacker, meskipun tidak bisa dipungkiri hacking memelukan pemikiran logis dan mengikuti rantai pemikiran eksak, tapi hacking hanya menggunakan sedikit sekali matematika formal atau aritmatika. Kita tidak memerlukan kalkulus atau analisis (kita serahkan itu kepada insinyur elektro ..), sejumlah dasar di matematika init (termasuk aljabar Bool, teori himpunan, kombinasi, dan teori graph).
Menngenai penguasaan system operasi adalah sangat penting karena itu adalah lingkungan kita nantinya, perdalami cara kerja suatu operating system, kenali dan akrabkan diri. Kita bias mencoba linux atau BSD, selain mereka free alias gratis dan mudah didapat, dukungan komunitas juga sangat banyak sehingga kita tidak akan di tinggal sendirian jika menemukan masalah, selain itu kemungkinan untuk dapat berkembang sangatlah besar dikarenakan sifatnya yang opensource.
Untuk saya sendiri sharing sharing aja saat ini sedang menggunakan system operasi linux distro ubuntu. Alasannya ubuntu merupakan turunan dari red hat yang lebih mudah digunakan daripada distro lainnya dan fasilitasnya lebih familiar bagi saya. Namun semua linux itu sama pada intinya, yang membedakan hanyalah paket-paket sertaan dari tiap distro.
Apabila di dalam computer kita sudah ada system operasi tertentu missal windows dan kita tidak ingin mengganti dan memformat system operasi tersebut karena alasan masih banyak data penting didalamnya. Maka kita bias menggunakan software yg memungkinkan system operasi lain seperti linux bias berjalan secara virtual diatas system operasi inti, yakni dengan menggunakan vmware, virtual pc, co linux, virtual box dan masih banyak software virtualisasi yang lain sehingga kita bias menggunakan berbagai macam system operasi tanpa harus memformat system operasi inti.
Terkait dengan berapa lama waktu yang diperlukan untuk menjadi seorang hacker itu relative, tergantung seberapa besar bakat dan usaha kita. Kebanyakan orang memperoleh keahlian yang cukup dalam delapan belas bulan atau dua tahun apabila mereka berkonsentrasi. Jika kita hacker sejati, kita akan menghabiskan sisa waktu belajar dan menyempurnakan keahlian. Menjadi hacker sejati bukanlah hanya sekedar memakai tools, kalau hanya memakai tools semua orang juga bias, hihihi…
Didalam belajar menjadi seorang hacker nantinya dukungan komunitas sangatlah perlu, apalagi jika kita memilih berkecimpung di dunia opensource, banyak milis yang bis kita ikuti, sebaiknya ikuti milis yang spesifik sesuai dengan yang kita gunakan (missal linux, sesuai distro).

0 komentar:

Post a Comment